Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google

Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google – Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna di webmaster google biasanya diakibatkan oleh template blogger kurang seo friendly dan algorithma google tentunya akan terus melakukan update agar mendapatkan pengalaman baik bagi pengguna pada mesin telusur google.

Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google - Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna di webmaster google biasanya diakibatkan oleh template blogger kurang seo friendly dan algorithma google tentunya akan terus melakukan update agar mendapatkan pengalaman baik bagi pengguna pada mesin telusur google
Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna bisa sahabat lihat pada webmaster google atau google search console dibagian dikecualikan, kenapa bisa terjadi ? itu bisa terjadi akibat dari duplikat konten mengakibatkan statusnya dikecualikan pada webmaster google dan sahabat bisa memperhatikan lalu melihatnya dibagian dikecualikan pada google search console.
Tampilan Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google
Tampilan Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google

Terlihat seperti gambar diatas itulah untuk tampilan Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna bisa sahabat temukan pada bagian dikecualikan di google search console dan harus segera diatasi agar dapat memperbaikinya dengan mudah.

Penyebab utama adanya Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna disebabkan adanya 2 kali dalam pengindeksan, yaitu versi URL asli dan juga versi URL mobile ( selular ) ketika dikunjungi baik dari pc maupun mobile phone.

Contoh URL postingan asli :

  • https://www.andinitutblogger.my.id/2021/09/cara-mengatasi-duplikat-tanpa-ada-versi.html

Contoh URL postingan versi mobile :

  • https://www.andinitutblogger.my.id/2021/09/cara-mengatasi-duplikat-tanpa-ada-versi.html/?m=1

Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google :
Untuk dapat memperbaiki dan mengatasi permasalahan duplikat tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna di google search console ( webmaster google ), sahabat bisa mengikuti langkah-langkah yang saya sarankan seperti berikut.

Langkah – 1 : Update Canonical Dan Hapus Versi Lama Dengan Yang Baru
Untuk memperbaharui ( update ) kode canonical dan hapus versi lama dan ganti yang baru bisa sahabat melakukannya dengan penerapan seperti langkah berikut. sahabat bisa memperhatikan dan menerapkannya.

  • Terlebih dahulu login ke dalam blogger
  • Masuk kebagian dashboard menu-menu pada blog
  • Pilih Theme ( Tema ) pada blog

Setelah itu sahabat pilih lagi Edit HTML dan temukan kode seperti dibawah ini :

<link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/>

Jika sudah menemukan seperti kode diatas pada bagian Edit HTML diblog sahabat tersebut, maka silahkan gantikan dengan kode versi terbaru seperti dibawah ini:

<b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>

Setelah itu silahkan sahabat untuk pilih Save atau Simpan di blog, agar bisa nanti robot engine google melakukan crawling ulang untuk mengupdate blog lalu akan mudah teratasi permasalahan ini.

Langkah – 2 : Menyembunyikan Versi Link Selular ?m=1
Sahabat dapat menyembunyikan kode ?m=1 versi selular (mobile) agar tidak ada duplikat konten akibat 2 kali pengindeksan dengan url sama seperti berikut untuk penerapannya.

Pada Edit HTML diblog sahabat tersebut, terlebih dahulu menemukan kode </body>, untuk mempercepat silahkan menekan tombol CTRL+F secara bersamaan agar bisa cepat menemukan kode </body> dibagian Edit HTML pada blog sahabat tersebut, lalu salin kode dibawah ini dan letakkan tepat dibawah kode </body> dan pilih simpan.

<script type=’text/javascript’> var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);} </script>

Langkah – 3 : Mengganti Template Blog
Untuk sahabat semuanya, silahkan ganti template lama sahabat tersebut dengan template blog yang sudah memakai kode <b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/> sehingga dapat mudah untuk menghindari adanya permasalahan Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna pada blog sahabat tersebut.

Catatan : Bagi para sahabat,tentunya akan selalu bertanya-tanya tentang permasahalan pada pembahasan diartikel ini ya kan, nah tentunya saya akan memberikan kesimpulan, bahwa biasanya untuk halaman yang terkena duplikat tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna akan tetap ada dan tidak akan hilang dari webmaster google ( google search console ), namun untuk sahabat ketika membuat artikel baru maka tidak akan ada duplikat konten lagi diblog sahabat tersebut.

Jadi sementara bagi para sahabat yang masih menggunakan template blogger dengan memakai kode <link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/> masih tetap akan ada duplikat tanpa ada versi kanonis disetiap artikel pada halaman blog.

Perlu sahabat ketahui bahwa terjadinya duplikat tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna yang ada di webmaster google (google search console) yang ditemukan, bukan karena konten atau artikel dari sahabat duplikat konten, tetapi terdapat 2 pengindeksan dibagian url asli dan url mobile (selular) pada webmaster google.

Nah itulah beberapa point yang dapat saya bagikan pada pembahasan saya di artikel kali ini mengenai Cara Mengatasi Duplikat Tanpa Ada versi kanonis Pilihan Pengguna Di Webmaster Google, yang dapat sahabat ikuti dan melakukannya untuk penerapan pada blog sahabat tersebut dengan mudah tanpa mengalami kesulitan tentunya sahabatku, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, oh iya sahabatku jangan lupa dishare ( bagikan ) ke teman-teman,sahabat,keluarga,kerabat maupun kepada orang yang sedang mencari informasi. sekian dan terimakasih.

Leave a Comment